Monday, February 8, 2016

Membuat atau Menambah User Hotspot secara Masal


Sudah banyak sekali perangkat Mikrotik RouterBoard. Perangkat yang bisa kita gunakan untuk membagi bandwith internet di suatu perusahaan/sekolah/instansi lain. Sudah bisa di bayangkan bagaimana lelahnya jika kita ingin membuat user hingga ratusan user secara manual, belum lagi resiko kesalahan dalam pengetikan begitu tinggi jika kondisi kita sudah mulai lelah.
ini pengalaman saya waktu baru pertama belajar dan baru mengenal mikrotik, dengan adanya kasus ingin memasukkan user name yang begitu banyak, dan setelah di lakukan secara manual begitu melelahkan, maka saya berfikir mungkin sudah ada yang tau membuat user mikrotik secara masal, dengan sudah adanya fasilitas internet, kemudian saya pun melalukan browsing, dan saya menemukan suatu cara, bagaimana???
ya saya akan sedikit menguraikan apa yang saya pahami dalam membuat user mikrotik secara masal.
pertama, kita harus membuat atau memasukkan data-datanya pada microsoft excel, misal untuk contoh, masukkan data seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini: 
yang ada di dalam kotakan warna biru adalah rumus untuk mengisi bagian di bawah "untuk mikrotik". Setelah kita mempunyai tabel user mikrotik seperti pada gambar di atas, selanjutnya Copy semua data yang ada di kotakkan warna merah. 
buka aplikasi notepad, pada kesempatan ini saya memakai notepad ++,  pada lembar kerja baru dan kosong, tambahkan tulisan /ip hotspot user -> kemudian di enter, dan paste kan data yang tadi di copy, sehingga akan tampil seperti pada gambar di bawah ini:
kemudian Copy semua data yang ada di notepad, dan kita berpindah ke jendela Mikrotik, pilih "new terminal" setelah jendela terminal sudah terbuka, klik kanan dan pilih Paste, tunggu beberapa saat sampai proses input user pada mikrotik secara masal selesai.
Setelah proses selesai, kita cek pada mikrotiknya, dengan langkah berikut:
IP -> hotspot -> pilih tab Users   
maka kurang lebih akan tampak tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Ok. semoga bermanfaat.
terimakasih. sumber

2 comments:
Write comments
  1. Mantap...bisa bulk, ga bikin jari keriting lagi hehehee...
    Salam kenal - Daftar Kode Pos

    ReplyDelete
  2. Gan mau nanya yg jendela terminal sama hotspot itu apalikasi apa?

    ReplyDelete