Monday, February 8, 2016

Cara Setting Shared User Mikrotik

nadasumbang.com dengan bangga menghadirkan kembali tutorial mikrotik terbaru 2014. kali ini saya akan mengangkat tema seputar user mikrotik hotspot. Pembahasan akn di fokuskan pada user profile untuk user hotspot mikrotik baik yang dibuat di user manager maupun di winbox.
Studi kasus
Misalkan anda adalah seorang pemilik cafe yang memasang hotspot untuk memanjakan pengunjung cafe agar betah berlama-lama nongkrong di cafe anda. Dikarenakan banyaknya pengunjung dan kesibukan maka anda tidak mau direpotkan dengan pembuatan voucher hotspot yang harus di generate di userman mikrotik lalu di print dan diberikan ke pelanggan dan disatu sisi anda juga ingin tetap menampilkan login page hotspot agar pengunjung bisa melihat promo-promo yang anda tawarkan. Intinya anda mau membuat 1 user yang bisa dipakai bersama-sama tapi bisa dilakukan limitan terhadap user tersebut. Dalam bahasa kerennya disebut mikrotik shared user.
Ada dua langkah yang anda bisa lakukan untuk membuat shared user di mikrotik.
1. Shared user winbox mikrotik
2. Shared user di userman mikrotik
Perbedaan shared user mikrotik di winbox dan user manager adalah terkait masalah limitasi dimana jika menggunakan user manager maka pengaturan voucher menjadi lebih fleksible dibanding pengaturan voucher di winbox.
Shared user winbox mikrotik
Untuk setting shared user winbox mikrotik caranya cukup gampang, cukup buat profile share user lalu hubungkan profile tersebut dengan user yang kita buat.
Masuk ke IP -> Hotspot -> User Profile
hotspot profile mikrotik
Lalu klik ke IP -> Hotspot -> User
membuat user hotspot di winbox mikrotik
Untuk pengetesan silahkan lakukan login ke hotspot menggunakan user yang barusan dibuat secara bersama-sama dalam waktu berbarengan minimal dua orang/perangkan yang login. Jika semuanya bisa login berarti anda telah sukses membuat shared user pada winbox mikrotik.
Shared user di userman mikrotik
Untuk membuat shared user mikrotik supaya bisa dijalankan di userman caranya adalah lakukan terlebih dahulu langkah pertama diatas yaitu membuat profile di winbox. Selanjutnya login ke userman lalu ikuti langkah-langkahnya seperti berikut.
Klik menu profile lalu klik TAB Limitation
setting profile userman mikrotik
Klik menu profile lalu klik TAB Profile
profile userman mikrotik
Selanjutnya create user pada menu User
membuat user pada userman mikrotik
Untuk pengetesannya sama dengan pengetesan shared user di winbox mikrotik. lakukan login secara bersamaan ke hotspot mikrotik. Jika semuanya bisa login dengan sukses berarti anda sudah berhasil melakukan setting share user pada userman mikrotik.

2 comments:
Write comments
  1. https://mikrotiksquad.blogspot.co.id/2015/11/cara-membuat-voucher-hospot-di-userman.html?showComment=1480427224737#c676301830795609258

    ReplyDelete
  2. Terimakasih... Sangat membantu

    ReplyDelete