Wednesday, January 20, 2016

Mengamankan Windows Server 2012

Sebagai penyedia layanan kepada komputer client, sebuah server diharuskan memiliki availability dan security yang baik. Tidak ada satupun system buatan manusia yang sempurna dan tanpa celah, begitu juga dengan Windows Server. Dan sudah menjadi tugas bagi seorang system administrator untuk mengamankan system yang dikelolanya dari beragam kemungkinan serangan yang dapat terjadi.
Pada tulisan Switching ke Windows Server 2012 Core  telah dipelajari bagaimana cara untuk switching ke Windows Server Core. Penggunaan Server Core sangat direkomendasikan untuk meminimalisir celah keamanan pada Windows Server, namun hal ini mungkin akan cukup merepotkan bagi seorang system administrator. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas opsi lain untuk mengurangi “surface attack” di Windows Server 2012, yaitu menggunakan minimal server interface.
Caranya adalah dengan menghilangkan beberapa interface yang pada dasarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh server.  Langkah yang harus anda lakukan mirip seperti step by step switching ke server core. Dari Server Manager pilih Manage kemudian Remove Roles and Feature.
Minimal Server Interfaces Cara Lain Mengamankan Windows Server 2012 1
Namun di sini anda hanya perlu menghilangkan tanda check pada features Server Graphical Shell, dimana anda akan menghapus  beberapa interface seperti File Explorer dan Internet Explorer.
Minimal Server Interfaces Cara Lain Mengamankan Windows Server 2012 2
Setelah anda menghilangkan feature tersebut, maka tampilan Windows Server akan terlihat seperti di bawah ini.
Minimal Server Interfaces Cara Lain Mengamankan Windows Server 2012 3
Apakah anda ingin menggunakan Full Server GUI, menggunakan Server Core atau berada diantaranya yaitu menggunakan Server Interface seminimal mungkin? Semuanya kembali kepada kebutuhan dan kemampuan anda dalam mengelola Windows Server.
Selamat mencoba dan selamat belajar…!!

No comments:
Write comments