Wednesday, January 20, 2016

Membuat Virtual Hard Disk (VHD) di Windows Server 2012

Setelah pada tulisan sebelumnya kita membahas installasi Hyper-V role di Windows Server 2012 dan pengenalanHyper-V Manager, maka kali ini kita akan lanjutkan dengan membahas bagaimana langkah-langkah membuat virtual hard disk pada Hyper-V.
Virtual hard disk adalah sebuah hard disk yang berfungsi sama dengan hard disk fisik, dimana kita bisa menginstall sistem operasi, menyimpan data, format, partisi dan melakukan hal-hal lain seperti layaknya sebuah hard disk. Berikut adalah langkah-langkah membuat virtual hardisk di Hyper-V Windows Server 2012.

Step 1. Pada panel action di Hyper-V manager, pilih New > kemudian Hard Disk.
Step By Step Membuat Virtual Hard Disk (VHD) di Windows Server 2012 jamal nst dot com
Step 2. Kemudian pilih Next pada Virtual Hardisk Wizard yang muncul.
Step By Step Membuat Virtual Hard Disk (VHD) di Windows Server 2012 jamal nst dot com 2
Step 3. Berikutnya anda diminta untuk memilih Disk Format, pada Windows Server 2012 terdapat dua format virtual hardisk, yaitu VHD dan VHDX. Perbedaannya terletak pada kapasitas maksimum virtual hardisk yang bisa dibuat. Pada contoh kali ini kita memilih format VHDX (step 3a), kemudian klik Next (step 3b).
Step By Step Membuat Virtual Hard Disk (VHD) di Windows Server 2012 jamal nst dot com 3
Step 4. Kemudian terdapat tiga pilihan type virtual hardisk, yaitu Fixed Size, Dynamically expanding, Differencing. Fixed sized adalah rekomendasi untuk production network. Anda bisa memilih dynamically expanding jika keperluan hanya untuk percobaan. Pada contoh kali ini kita pilih Fixed size (step 4a) dan klikNext (step 4b).
Step By Step Membuat Virtual Hard Disk (VHD) di Windows Server 2012 jamal nst dot com 4
Step 5. Kemudian ketik nama virtual hardisk yang ingin anda buat, contoh: Hardisk 1. Dan pilih lokasi dimana anda ingin menyimpan virtual hardisk tersebut (Step 5a). Lalu pilih Next (Step 5b).
Step By Step Membuat Virtual Hard Disk (VHD) di Windows Server 2012 jamal nst dot com 5
Step 6. Pada langkah ini, masukkan kapasitas virtual hard disk yang ingin anda buat, contoh: 20 GB. (step 6a), lalu pilih Finish (step 6b).
Step By Step Membuat Virtual Hard Disk (VHD) di Windows Server 2012 jamal nst dot com 6
Step By Step Membuat Virtual Hard Disk (VHD) di Windows Server 2012 jamal nst dot com 7
Setelah anda klik Finish, maka proses pembuatan virtual hardisk segera dimulai, jika anda memilih Fixed Disk, proses ini akan memakan waktu, sesuai dengan berapa besar kapasitas hardisk yang anda input padastep 6a, dan bergantung juga dengan kecepatan hardisk di komputer/server anda.
Selamat mencoba..!

No comments:
Write comments